logo blog
Selamat Datang Di Blog Komputersistim
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Komputersistim,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perbedaan Processor Dual Core, Core 2 Duo, Quad Core, i3, i5, Dan i7

Berikut perbedaan dari berbagai jenis processor yang mungkin sedikit membingungkan bagi kebanyakan orang.

Processor sendiri merupakan sebuah chip dalam bentuk IC atau Integrated Circuit, yang berfungsi sebagai Otak komputer untuk memproses dan bertugas membagi pekerjaan untuk mengeksekusi data yang telah di instruksikan.




Berikut perbedaan antara processor tersebut:

Dual Core

Pentium Dual Core merupakan generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. 

Prosesor ini kinerjanya masih dibawah Core 2 Duo karena kecepatan FSB yang diturunkan dan juga L2 Cache yang dipotong. Model ini dapat memaksimalkan penggunaan core ke dua dari processor, dan sudah mempunyai pengecekan panas bagi inti processor ke-2, difabrikasi dengan ukuran chip pada die 90nm- 65nm.






Core 2 Duo

Core 2 Duo adalah Generasi kedua dari arsitektur Core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil (membuatnya lebih cepat dibanding pendahulunya) dan memiliki memori cache yang dipasang per core, tetapi terhubung satu sama lain (secara paralel). 

Diproduksi dengan fabrikasi 65 nm. Sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya (quad core). Quad Core sendiri merupakan processor dengan 4 inti (core) di dalamnya.







Core 2 Quad
Merupakan sebuah teknologi processor, bila processor dual core di ibaratkan memiliki 2 otak, maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus.

Teknologi Quad Core menghasilkan

-Intel  = Quad Core,Core 2 Quad merupakan gabungan dari core 2 duo
-AMD= Amd Phenom x4







Core i3

Intel Core i3 adalah penerus dari Intel Core 2 Duo, ‘Arrandale‘ adalah kode untuk Core i3. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm.




Core i5
Intel Core i5 lebih baik jika dibandingkan dengan i3, ‘Lynnfield’ adalah kode namanya. Didatangkan dengan teknologi turbo boost. Processor i5 mempunyai 2 atau 4 core tergantung dari modelnya.. Ia juga mempunyai teknologi intel hyper threading sama seperti i3 dan i7. Juga memiliki Intel HD graphic yang memberikan prestasi visual yang menggagumkan untuk gambar lebih tajam, warna yang selaras. Terdapat juga tambahan video card.



Core i7
Intel Core i7 merupakan processor pertama yang menggunakan teknologi “Nehalem”. Kode nama untuk Core i7 adalah ‘Bloomfield’. Ia mempunyai 2, 4 atau 6 core tergantung dari modelnya, semua core yang ada dilengkapi dengan teknologi Intel Turbo Boost di mana membuat core menguatkan kemampuan lebih cepat dari frekuensi asalnya untuk melakukan kerja dengan cepat secara otomatis.






Pada intinya semakin canggih teknologi processor yang kita gunakan maka performa komputer yang kita gunakan juga semakin cepat dan semakin baik, tentu hal ini juga harus sebanding dengan kemampuan memory yang kita gunakan untuk memaksimalkan kinerja dari proccessor tersebut. Pemilihan teknologi processor yang akan kita pakai juga bergantung dari tujuan komputer yang kita gunakan, jika kita bekerja dengan banyak task dalam satu waktu atau membutuhkan multi tasking seperti pada seorang designer grafis, maka pilihlah processor yaering berkemampuan lebih. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Belajar Tips Komputer Dan Internet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger